10 Tips dari Facebook untuk Mengenali Berita Hoax

Nyepik.com - Mungkin kita sering menjumpai berita yang tersebar di sosial media atau internet tapi sumber berita itu tidak  jelas. Dengan kenyataan itu kita patut waspada tentang kebenaran berita tersebut, jangan-jangan berita itu adalah berita yang menjebak yang tujuanya mengajak orang untuk percaya atau mengikuti berita atau opini tersebut, yang kita kenal dengan istilah berita 'Hoax'. "Berita Hoax atau Pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu" .-Wikipedia.
 
foto:newsroom.fb.com

Dengan maraknya berita hoax yang beredar, Facebook mengambil langkah serius untuk mengenali atau mengidentifikasi berita hoax yang menjebak. Bagi teman-teman yang satu atau dua minggu kebelakang membukan facebook di beranda facebook akan muncul link yang apabila kita klik link tersebut akan menuju ke pusat bantuan Facebook, judul link itu 'Tips for spotting false news', yang isinya adalah 10 Tips dari Facebook untuk mengenali atau mengidentifikasi berita yang menjebak atau berita Hoax, nah berikut 10 tips tersebut: 
1. Selalu berpikir skeptis terhadap judul berita. Hoax sering kali menggunakan kata-kata yang catchy, bahkan berirama dengan huruf kapital dan tanda seru (!). Jika klaim mengejutkan ditaruh di judul bahkan terkesan tidak terpercaya, maka kemungkinan besar berita tersebut hoax.
2. Amati tautan. Sebuah tautan yang memiliki nama menyerupai sumber-sumber berita populer merupakan sebuah pertanda bahwa hal itu hoax. Banyak situs berita bohong yang menyerupai sumber-sumber asli dengan mengubah sedikit tautan mereka. Anda dapat membandingkan mereka dengan situs yang ditirunya. 
3. Telusuri lebih dalam sumber berita. Pastikan berita yang Anda baca berasal dari sumber terpercaya, jika situs tersebut kurang familiar, coba cek bagian profil dari situs tersebut dan telusuri lebih dalam. 
4. Format yang aneh. Berbagai situs berita bohong memiliki salah pengetikan atau desain laman yang aneh. Baca secara seksama jika kalian ingin melihat tanda-tanda ini.
5. Pertimbangkan fotonya. Berita bohong sering kali menggunakan foto atau video yang telah dimanipulasi. Terkadang, foto yang mereka gunakan asli, tapi keluar dari konteks. Kalian bisa menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mengetahui kebenarannya. 
6. Perhatikan tanggal. Berita bohong terkadang memberikan hal yang tidak masuk akal atau mengubah tanggal informasi mereka. 
7. Memeriksa bukti. Lihatlah kolom penulis untuk memastikan akurasi mereka. Identitas samaran bahkan tanpa nama merupakan indikasi berita bohong.
8. Lihatlah laporan lain. Jika tidak ada situs berita lain yang melaporkan hal sama, itu bisa jadi sebuah kebohongan. Tetapi, jika berita serupa dilaporkan oleh beberapa media outlet yang kalian percaya, maka kemungkinan besar berita tersebut benar. 
9. Apakah berita itu lelucon? Terkadang berita bohong sangat sulit untuk dibedakan dengan humor atau satir. Periksalah apa sumber yang kalian baca diketahui sebagai situs parodi, dan bagaimana nada pemberitaan yang mereka berikan. Mungkin semua hanyalah lelucon. 
10. Beberapa berita sengaja dibuat untuk menipu. Cobalah kritis tentang apa yang kalian baca dan hanya bagikan berita-berita yang kalian tahu bisa dipercaya.

Nah itulah 10 tips dari facebook untuk mengenali berita hoax semoga bermanfaat dan dapat kita gunakan untuk menangkal peredaran berita-berita yang belum tentu kebenaranya. 10 tips dari facebook itu ga selamaya muncul di beranda atau news feed dan pusat bantuan facebook teman-teman, tapi teman-teman bisa tetap membacanya melalu Facebook Newsroom

sumber: https://newsroom.fb.com/news/2017/04/a-new-educational-tool-against-misinformation/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips dari Facebook untuk Mengenali Berita Hoax"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *