Tips Agar Baterai Smartphone Lebih Awet

Nyepik.com - Pada saat ini rasanya kita ga bisa lepas dari yang namanya smartphone, namanya juga smart pasti lebih pintar dari pada henpon-henpon biasa yang hanya digunakan untuk sms sama telepon, dengan smartphone kita bisa melakukan apa saja yang berhubungan dengan dunia maya dan teknologi, mulai bermain game, main medsos, surfing, berkirim e-mail maupun kegiatan-kegiatan lainya, yang dulu hanya bisa dilakukan oleh komputer desktop melalui jaringan komputer. Nah karena kepintaranya itu sudah pasti smartphone kita banyak menguras daya baterai. Dikit-dikit baterai di henpon kita habis, paling lama bertahan setengah hari, paling lama juga 1 hari, coba bandingin sama hp mu yang katanya tulalit itu, sampai 2 hari, 3 hari masih josss gandos, hehehe
Gambar: nyepik.com
Kalau kita sudah terlalu asik dengan smartphone kita, rasanya ga rela kalau baterai sudah mulai low, panik kita,haha pas lagi asik nyepikin si dia, tiba-tiba baterai low, pas asik main game, sudah mau menang baterai low, rasanya kan tambah panik aja, :D

Apakah baterai smartphone bisa awet selamanya?? Karena intensitas pemakaian dan sering di charge sudah pasti si baterai bekerja lebih keras, ujung-ujungnya kalau kita salah dalam ngecharge baterai kita sudah pasti akan cepat rusak atau tidak tahan lama.

Nah untuk memperlama umur baterai kita, biar lebih awet dan tidak cepat rusak, ada hal-hal atau kebiasaan yang mungkin sering kita lakukan perlu untuk dihindari, berikut seperti yang dikutip nyepik dari tekno.kompas hal-hal atau kebiasaan yang yang harus dihindari ketika mencharge smartphone

1. Stop kebiasaan pakai powerbank

Perangkat baterai portabel atau powerbank mungkin sudah menjadi barang wajib pengguna smartphone . Powerbank sering kali menjadi penyelamat saat baterai smartphone "sekarat". Namun, sering kali kita mengisi daya lewat powerbank meski tidak sedang darurat dan sebenarnya memungkinkan menggunakan perangkat charger. Hentikan kebiasaan nge-charge smartphone seperti itu. Keseringan menggunakan powerbank bisa membuat daya tahan baterai smartphone berkurang.

Tak seperti charger via listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil dan sesuai spesifikasi smartphone. Ditambah lagi dengan banyak beredarnya powerbank dengan kualitas rendah.
Kebiasaan buruk lain yang perlu disetop adalah men-charge smartphone menggunakan laptop atau PC melalui kabel data. Seperti powerbank, arus listrik dari komputer tidak dirancang untuk mengisi daya smartphone sesuai standar.

Terus kalau darurat atau urgent gimana?? contoh mau hubungin orang tua, hp low, listrik mati, ehhh ternyata masih ada powerbank yang masih full, ya kalau darurat bolehlah kita pakai powerbank atau ngecharge lewat PC atau laptop kita, hehehe

2. Stop pakai sembarang chargerPerangkat charger smartphone dan tablet memiliki bentuk yang seragam sehingga sering dipakai bergantian untuk semua perangkat. Padahal, tiap perangkat memiliki charger dengan spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan jenis perangkat dan kapasitas baterainya. Charger perangkat tablet biasanya memiliki ukuran ampere yang lebih besar. Charger yang tidak sesuai spesifikasi secara perlahan akan mengurangi kinerja baterai smartphone. Jadi, mulai sekarang jangan pakai charger tablet untuk mengisi baterai ponsel. Gunakan charger orisinal atau yang sesuai spesifikasi standar ponsel kita.

3. Stop nge-charge semalaman
Nah ini mungkin kebiasaan yang sering kita lakukan, katika mau tidur kita colokin ponsel kita untuk dicharger, niatnya si nanti bangun terus dicabut, eh ga taunya sampai pagi tetep aja nyolok, hehehe, terus kebiasaan ini baik ga??
Men-charge terus smartphone yang sudah penuh dalam waktu lama tidaklah baik. Yang sering dilakukan adalah men-charge ponsel semalaman. Smartphone terkini memang sudah dilengkapi dengan fitur overharge protection yang menjaga baterai berhenti diisi saat penuh. Namun, beberapa riset menyebutkan baterai bisa terjaga kualitasnya jika diisi tidak sampai penuh 100 persen, cukup sampai 80-90 persen.

Jadi, tak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan nge-charge semalaman agar usia baterai bisa lebih panjang kan??hehe

4. Stop kosong kelamaan
Ini juga sering kita lakukan, kalau baterai ponsel belum benar-benar habis, kita masih paksaiin untuk terus dipakai, malah kadang sampai mati sendiri. Kalau sudah habis kita tidak jarang lupa untuk langsung ngecharge, apalagi kalau sedang dalam perjalanan. Membiarkan baterai benar-benar kosong lebih tak baik lagi. Jika sering seperti ini, maka ketahanan baterai akan perlahan menurun.

Alasannya, jika baterai benar-benar dalam keadaan kosong, sel baterai akan "tidur". Jika tak cepat-cepat "dibangunkan", kemungkinan terburuknya sel tersebut bakal kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian. Pengisian daya terbaik, berdasarkan sejumlah riset, saat baterai berada di bawah angka 40 persen, pada kisaran 15 sampai 35 persen.

Itulah tips-tips untuk memperpanjang umur baterai smartphone kita, walaupun faktanya ketahanan smartphone semakin lama pasti akan semakin berkurang, karena setiap baterai pasti punya umur pemakaian, kalau baterai bisa awet abadi selamanya, bisa bangkrut nihh tukang baterai, hahaha

Oke demikian tips agar baterai smartphone lebih awet, semoga bermanfaat.

via: tekno.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Agar Baterai Smartphone Lebih Awet"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *